Medan, daerah yang terkenal dengan musisi-musisi yang memiliki pengaruh besar di blantika musik Indonesia. Pada tanggal 15 Oktober 2018, bertempat di Warung Community Jl.Sisingamangaraja Medan, KORG Nusantara menginjakan kakinya kembali di Medan dengan menggandeng komunitas keyboardis lokal yaitu Komunitas Keyboardis Sumatera (KKS).

Acara KORG Nusantara dikemas dalam format diskusi serius tapi santai. Acara yang sejatinya dapat disebut sebagai ngopi bareng, ngoprek bareng, ngumpul bareng dan ngejam bareng ini selalu diminati oleh komunitas-komunitas pemain keyboard lokal sehingga jumlah peserta sering membludak. Seperti pada KORG Nusantara Medan, terjadi over capacity. Dari target 80 peserta yang hadir, ternyata jumlahnya mencapai 100-an orang lebih.

Acara dibuka dengan joke-joke santai sebagai ice breaking, untuk mendapatkan atensi peserta yang memenuhi ruangan lantai 2 Warung Community-Medan. Kemudian, peserta dihibur dengan penampilan artis lokal membawakan lagu-lagu Batak diiringi dengan keyboard tunggal. Disini kita akan disuguhi nuansa kearifan lokal dengan lagu-lagu yang merupakan entitas suku Batak di Indonesia. Semakin kental suasana kedaerahan ketika lagu-lagu tersebut terkolaborasi dengan sentuhan tarian tradisional batak yang secara simbolis menggambarkan ucapan selamat datang kepada para peserta.

Setelah peserta dihibur oleh biduan organ tunggal, sesi berikutnya adalah bedah alat. Pada sesi bedah alat, para peserta secara aktif diajak untuk diskusi dan tanya jawab. Dipandu oleh Demonstrator KORG yaitu Antoni Pasaribu dan Product Specialist KORG Agus Yulianto, mengajak peserta untuk terlibat langsung dalam pengembangan style keyboard. Style keyboard adalah ekstensi yang dihasilkan oleh keyboard arranger. Tentu sangat menarik, karena style keyboard sangat dicari oleh para arranger player. Kebutuhan style yang bervariasi serta kaya akan nuansa tradisi menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi.

Di dalam bedah alat juga dijelaskan bagaimana KORG PA 1000 dengan mudahnya memodifikasi file mp3 atau midi menjadi suatu style di keyboard KORG. Suatu teknologi yang sangat menarik dan sangat dicari para keyboard arranger. Karena style keyboard pada merek lain, umumnya harus didapat dengan cara membeli. Sementara dengan keyboard KORG, cukup hanya dengan swipe dan click, semua seperti magic disediakan oleh KORG.

Acara ini berlangsung kurang lebih selama 4 jam. Melibatkan interaksi peserta yang sebagian besar adalah anggota Komunitas Keyboardist Sumatera (KKS), mengupas tuntas soal teknologi dan fitur keyboard KORG. Peserta KORG Nusantara Medan ini sendiri tidak dibatasi oleh keyboard apa yang mereka pakai atau yang mereka punya. KORG Nusantara membuka ruang untuk semua pengguna keyboard di tanah air apapun mereknya.

Peserta KORG Nusantara Medan ini juga secara aktif diajak untuk mencoba fitur-fitur  keyboard KORG dengan memainkannya langsung. Antusiasme terlihat jelas ketika secara bergilir para peserta memainkan KORG untuk mengiringi salah satu anggota komunitas yang bernyanyi. Tercatat dari mulai ketua KKS, kemudian Sekjen KKS diteruskan dengan anggota-anggota senior KKS dapat mencoba secara langsung keyboard KORG PA700.

Secara umum, peserta terlihat antusias dengan produk KORG. Ini terlihat ketika sesi tanya jawab selesai, peserta mulai bertanya-tanya tentang ketersediaan produk dan harganya kepada Dealer Resmi KORG yang juga merupakan panitia KORG Nusantara, yaitu Raja  Musik.

Pada penghujung acara, kerjasama antara KORG Indonesia dengan Komunitas Keyboardist Sumatera (KKS) dilakukan secara simbolis dengan penyerahan kaos dan topi KORG Nusantara antara Product Manager – Keyboard Division Alfons Rialdo dengan Sekjen KKS Ahmad FAdli Lubis. Kemudian disusul dengan pengundian doorprize yang hadiahnya disediakan oleh Dealer Resmi KORG yaitu Raja Musik. Acara KORG Nusantara Medan ditutup dengan tradisi foto grup antara panitia KORG Nusantara dengan Peserta.